SEO ( Search engine Optimization )
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine
Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan
secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs
web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang
menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar
untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini
dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang
diposting di Usenet. Pada masa
itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal
algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh
webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag
menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web
dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan
manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten
situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page
dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford,
berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin
pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat
halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi
matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang
mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing
link tersebut.
Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang
memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman
web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang
mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari
situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi
daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan
Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam
waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna
internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak
dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi
mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya
memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi
pada hasil pencarian.
Ok semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan semua…
Artikel Terkait:
Jika Ingin Copy Paste Artikel Ini silakan cantumkan sumber dari artikel tersebut yaitu http://gratiskumpulansoftware.blogspot.com/2012/07/seo-search-engine-optimization.htmlJika Ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar
Blog Ini di lindungi oleh DMCA
0 komentar
Post a Comment